Author: Nur Purnama N.
•02.54
Manusia dan Pandangan Hidup


     Pandangan hidup adalah pendapat atauh pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman,arahan, petunjuk hidup didunia. Dengan demikina pandangan hidup itu bukanlah timbul seketika, melainkan melalui proses dalam waktu yang lama dan terus menerus. Sehingga pemikiran itu dapat diuji kenyataannya, dan diterima oleh akal sebagai pegangan, arah, petunjuk yang disebut pandangan hidup.
  Pandangan hidup pada dasarnya mempunyai unsur-unsur, yaitu cita-cita, kebajikan, usaha, keyakinan atau kepercayaan. Keempat unsur ini merupakan satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan. Cita-cita adalah apa yang diinginkan yang mungkin dapat dicapai dengan usaha atau perjuanagn. Tujuan yang hendak dicapai ialah kebajikan, yaitu segala hal yang baik yang membuat manusia makmur, bahagia, damai, tentram. Usaha atau perjuangan adalah kerja keras yang dilandasi keyakinan atau kepercayaan. Keyakinan atau kepercayaan diukur dengan kemampuan akal, kemampuan jsamani, dan kepercayaan Tuhan.
Adapun langkah-langkah berpandang hidup yang baik, yaitu :
  • Mengenal : Mengenal apa itu pandangan hidup
  • Mengarti : Mengerti terhadap pandangan hidup itu sendiri
  • Menghayati : Menghayati pandanagn hidup untuk memperoleh gambaran yang tepat dan benar
  • Meyakini : Meyakini pandangan hidup yang telah kita hayati
  • Mengabdi : Sesuatu hal yang penting dalam menghayati dan meyakini sesuatu yang telah dibenarkan dan diterima baik dirinya maupun orang lain.   
This entry was posted on 02.54 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: