Author: Nur Purnama N.
•02.35

Pengertian prestasi akademik adalah hasil pelajaran yang diperoleh dari kegiatan belajar di sekolah atau perguruan tinggi yang bersifat kognitif dan biasanya ditentukan melalui pengukuran dan penilaian.
Menurut Setiawan, 2006 Prestasi akademik adalah istilah untuk menunjukkan suatu pencapaian tingkat keberhasilan tentang suatu tujuan karena suatu usaha belajar telah dilakukan oleh seseorang secara optimal.
Ada dua faktor yang mempengaruhi prestasi akademik seseorang, yaitu faktor internal/pribadi dan eksternal/lingkungan (Gage & Berliner, 1992; Winkel, 1997).

Faktor Internal
1.       Intelegensi
    Tingkat intelegensi seseorang dapat dengan mudah dilihat dari prestasi belajarnya di sekolah atau universitas di semua mata pelajaran. Bagi para peserta didik yang memiliki intelegensi tinggi sangat diharapkan dapat mencapai prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki intelegensi kurang. Tetapi faktor ini bkan berarti sebagai faktor penentu karena masih ada lagi banyak faktor yang mempengaruhi.
2.       Motivasi
    Motivasi adalah daya penggerak seseorang yang menjadi aktif pada saat-saat tertentu dimana seseorang tersebut ingin mencapai tujuan. Motivasi ini sendiri terbagi menjadi 3 bagian yaitu motivasi internal, motivasi eksternal, dan motivasi berprestasi.
a)  Motivasi Internal : motivasi dari dalam diri sendiri dimana dia ingin mencapai sesuatu yang dia inginkan, biasa disebut dengan “niat”
b) Motivasi Eksternal : motivasi yang didapat dari orang lain seperti halnya pujian, atau pemberian hadiah atas kesuksesannya.
c) Motivasi berprestrasi : dimana seseorang memiliki keinginan bejuang untuk sukses dan memilih kegiatan yang berorientasi sukses. Motivasi ini tidak jauh berbeda dengan motivasi internal.
3.     Kepribadian
      Kepribadian merupakan suatu organisasi yang  dinamis dari sistem psikofisik yang dinamis seseorang yang menentukan bagaimana individu dapat menyesuaikan diri dan menjadi bagian tersendiri dalam lingkungannya. Kepribadian ini dapat berubah dan diwujudkan dengan tingkah laku.

Faktor Eksternal

1)    Lingkungan rumah
Lingkungan rumah dalam hal ini orang tua memiliki peranan palin penting untuk membentuk dan menjadi guru untuk anaknya. Orang tua merupakan pengasuh, guru, juga psikolog untuk anak dan membantu proses sosialisasi anak
2)    Lingkungan sekolah
Lingkungan sekolah yang baik adalah lingkungan yang nyaman dimana anak terdorong untuk berprestasi di pelajaran. Sedangkan contoh kelas yang baik adalah kelas yang memiliki jumlah murid yang tidk terlalu banyak sehingga guru bis memonitoring dan mengawasi proses belajar anak. Itulah faktor yang mempengaruhi bagus tidaknya prestasi akademik seseorang. Semoga info ini bisa membantu Anda untuk membentuk putera-puteri Anda menjadi seseorang yang baik.
Jadi berdasarkan penjelasn diatas bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar digolongkan menjadi dua yaitu:
1)  Faktor intern Faktor ini berkaitan dengan segala yang berhubungan dengan diri  siswa itu sendiri berupa motivasi, minat, bakat, kepandaian, kesehatan, sikap, perasaan dan faktor pribadi lainnya.
2)   Faktor ekstern Faktor ini berhubungan dengan pengaruh yang datang dari luar diri individu berupa sarapa dan prasarana, lingkungan, masyarakat, guru, metode pembelajaran, kondisi social, ekonomi, dan lain sebagaianya.
Dan salah satunya dari faktor eksternal adalah sarana dan prasana, yaitu  Ilmu Teknologi atau IT yang saat ini berkembang pesat. Yakni dengan penggunaan internet. Jenis layanan internet yaitu seperti contoh Email, Newsgroup, Mentransfer file, Gopherspace, WWW, USENET, file Transfer,Protocol, Telnet, Buletin Board Service, Internet Telephony , Internet Fax, dll.
Internet dapat dikatakan sebagai perpustakaan maya (virtual library) yang mengandung jutaan informasi tentang berbagai hal salah satunya termasuk data dan informasi tentang pendidikan. Internet dapat dijadikan sebagai salah satu media belajar alternatif bagi kalangan akademis setelah perpustakaan konvensional di lembaga pendidikan tinggi. Dari uraian di atas, maka dapat dirinci manfaat dari faktor pemanfaatan internet sebagai media belajar adalah:
1.      Mempercepat dan mempermudah pertukaran ilmu pengetahuan
dan teknologi
2.   Proses pembelajaran lebih menarik. Melalui internet pembelajaran tidak monoton dan jenuh karena dalam internet ada hal-hal baru yang variatif dan inovatif.
3.      Mendorong siswa untuk lebih aktif mencari ilmu pengetahuan dan informasi
4.      Memepermudah penjelasan konsep.
5.      Pembelajaran lebih konseptual dan up to date
Dengan adanya pemanfaatan Ilmu teknologi, dengan menggunakan internet akan membuat kualitas mahasiswa lebih baik dan meningkatkan prestasi akademik mahasiswa. Karena dengan adanya pemanfaatan internet ini dalam dunia pendidikan mahasiswa dapat dengan secara mudah mengakses berbagai informasi mengenai pelajaran dengan baik.

Sumber : 
http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/46147/G06yun.pdf
http://eprints.uny.ac.id/8772/3/bab%202%20-%2008402244010.pdf
http://hitamandbiru.blogspot.com/2012/06/pengertian-prestasi-akademik.html
http://pendidikan-tomi.blogspot.com/2011/10/faktor-faktor-yang-mempengaruhi.html

This entry was posted on 02.35 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: