Pengertian prestasi akademik adalah hasil pelajaran yang diperoleh
dari kegiatan belajar di sekolah atau perguruan tinggi yang bersifat kognitif dan
biasanya ditentukan melalui pengukuran dan penilaian.
Menurut Setiawan, 2006 Prestasi akademik adalah istilah untuk menunjukkan suatu
pencapaian tingkat keberhasilan tentang suatu tujuan karena suatu usaha belajar
telah dilakukan oleh seseorang secara optimal.
Ada dua faktor yang mempengaruhi
prestasi akademik seseorang, yaitu faktor internal/pribadi dan
eksternal/lingkungan (Gage & Berliner, 1992; Winkel, 1997).
Faktor Internal
1. Intelegensi
Tingkat intelegensi seseorang dapat dengan mudah dilihat dari prestasi belajarnya di sekolah atau universitas di semua mata pelajaran. Bagi para peserta didik yang memiliki intelegensi tinggi sangat diharapkan dapat mencapai prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki intelegensi kurang. Tetapi faktor ini bkan berarti sebagai faktor penentu karena masih ada lagi banyak faktor yang mempengaruhi.
Tingkat intelegensi seseorang dapat dengan mudah dilihat dari prestasi belajarnya di sekolah atau universitas di semua mata pelajaran. Bagi para peserta didik yang memiliki intelegensi tinggi sangat diharapkan dapat mencapai prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki intelegensi kurang. Tetapi faktor ini bkan berarti sebagai faktor penentu karena masih ada lagi banyak faktor yang mempengaruhi.
2. Motivasi
Motivasi adalah daya penggerak seseorang yang menjadi aktif pada saat-saat tertentu dimana seseorang tersebut ingin mencapai tujuan. Motivasi ini sendiri terbagi menjadi 3 bagian yaitu motivasi internal, motivasi eksternal, dan motivasi berprestasi.
Motivasi adalah daya penggerak seseorang yang menjadi aktif pada saat-saat tertentu dimana seseorang tersebut ingin mencapai tujuan. Motivasi ini sendiri terbagi menjadi 3 bagian yaitu motivasi internal, motivasi eksternal, dan motivasi berprestasi.
a) Motivasi
Internal : motivasi dari dalam diri sendiri dimana dia ingin mencapai sesuatu yang
dia inginkan, biasa disebut dengan “niat”
b) Motivasi
Eksternal : motivasi yang didapat dari orang lain seperti halnya pujian, atau
pemberian hadiah atas
kesuksesannya.
c) Motivasi
berprestrasi : dimana seseorang memiliki keinginan bejuang untuk sukses dan
memilih kegiatan yang berorientasi sukses. Motivasi ini tidak jauh berbeda
dengan motivasi internal.
3. Kepribadian
Kepribadian merupakan suatu organisasi yang dinamis dari sistem psikofisik yang dinamis seseorang yang menentukan bagaimana individu dapat menyesuaikan diri dan menjadi bagian tersendiri dalam lingkungannya. Kepribadian ini dapat berubah dan diwujudkan dengan tingkah laku.
Kepribadian merupakan suatu organisasi yang dinamis dari sistem psikofisik yang dinamis seseorang yang menentukan bagaimana individu dapat menyesuaikan diri dan menjadi bagian tersendiri dalam lingkungannya. Kepribadian ini dapat berubah dan diwujudkan dengan tingkah laku.
Faktor Eksternal
1)
Lingkungan rumah
Lingkungan rumah
dalam hal ini orang tua memiliki peranan palin penting untuk membentuk dan
menjadi guru untuk anaknya. Orang tua merupakan pengasuh, guru, juga psikolog
untuk anak dan membantu proses sosialisasi anak
2)
Lingkungan sekolah
Lingkungan sekolah
yang baik adalah lingkungan yang nyaman dimana anak terdorong untuk berprestasi
di pelajaran. Sedangkan contoh kelas yang baik adalah kelas yang memiliki jumlah
murid yang tidk terlalu banyak sehingga guru bis memonitoring dan mengawasi proses belajar
anak. Itulah faktor yang mempengaruhi bagus tidaknya prestasi akademik
seseorang. Semoga info ini bisa membantu Anda untuk membentuk putera-puteri
Anda menjadi seseorang yang baik.
Jadi berdasarkan penjelasn diatas bahwa faktor-faktor yang
mempengaruhi prestasi belajar digolongkan menjadi dua yaitu:
1) Faktor intern Faktor ini berkaitan dengan segala
yang berhubungan dengan diri siswa itu
sendiri berupa motivasi, minat, bakat, kepandaian, kesehatan, sikap, perasaan
dan faktor pribadi lainnya.
2) Faktor
ekstern Faktor ini berhubungan dengan pengaruh yang datang dari luar diri
individu berupa sarapa dan prasarana, lingkungan, masyarakat, guru, metode
pembelajaran, kondisi social, ekonomi, dan lain sebagaianya.
Dan salah satunya dari faktor eksternal adalah sarana dan
prasana, yaitu Ilmu Teknologi atau IT
yang saat ini berkembang pesat. Yakni dengan penggunaan internet. Jenis layanan
internet yaitu seperti contoh Email, Newsgroup, Mentransfer file, Gopherspace, WWW,
USENET, file Transfer,Protocol, Telnet, Buletin Board Service, Internet
Telephony , Internet Fax, dll.
Internet dapat dikatakan sebagai perpustakaan maya (virtual library)
yang mengandung jutaan informasi tentang berbagai hal salah satunya termasuk data
dan informasi tentang pendidikan. Internet dapat dijadikan sebagai salah satu
media belajar alternatif bagi kalangan akademis setelah perpustakaan
konvensional di lembaga pendidikan tinggi. Dari uraian di atas, maka dapat
dirinci manfaat dari faktor pemanfaatan internet sebagai media belajar adalah:
1.
Mempercepat dan mempermudah pertukaran ilmu
pengetahuan
dan teknologi
2. Proses pembelajaran lebih menarik. Melalui
internet pembelajaran tidak monoton dan jenuh karena dalam internet ada hal-hal
baru yang variatif dan inovatif.
3. Mendorong siswa untuk lebih aktif mencari ilmu
pengetahuan dan informasi
4. Memepermudah
penjelasan konsep.
5. Pembelajaran lebih konseptual dan up to date
Dengan adanya pemanfaatan Ilmu teknologi, dengan menggunakan
internet akan membuat kualitas mahasiswa lebih baik dan meningkatkan prestasi
akademik mahasiswa. Karena dengan adanya pemanfaatan internet ini dalam dunia
pendidikan mahasiswa dapat dengan secara mudah mengakses berbagai informasi
mengenai pelajaran dengan baik.
Sumber :
http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/46147/G06yun.pdf
http://eprints.uny.ac.id/8772/3/bab%202%20-%2008402244010.pdf
http://hitamandbiru.blogspot.com/2012/06/pengertian-prestasi-akademik.html
http://pendidikan-tomi.blogspot.com/2011/10/faktor-faktor-yang-mempengaruhi.html
0 komentar: