Author: Nur Purnama N.
•08.48

Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam komunitas manusia  individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Komunitas berasal dari bahasa latin communitas yang berarti "kesamaan", kemudian dapat diturunkan dari communis yang berarti "sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak". (Wenger, 2002: 4). Menurut Crow dan Allan, Komunitas dapat terbagi menjadi 3 komponen:
1.      Berdasarkan Lokasi atau Tempat Wilayah atau tempat sebuah komunitas dapat dilihat sebagai tempat dimana sekumpulan orang mempunyai sesuatu yang sama secara geografis.
2.      Berdasarkan Minat
3.   Berdasarkan Komuni Komuni dapat berarti ide dasar yang dapat mendukung komunitas itu sendiri

Jadi merupakan kumpulan orang yang saling berinteraksi diantara anggotanya berdasarkan adanya kesamaan. Seperi :
1)      Adanya  kesamaan asal daerah dari anggotanya
Contoh : Paguyuban Madura,Komunitas Lampung,Komunitas Anak Medan
2)      Adanya kesamaan nama
Contoh : Komunitas Asep, kesamaan hobi misalkan : Komunitas Mancing Mania, Komunitas Parkour
3)      Adanya kesamaan profesi
Contoh : Lawyer Club, Ikatan Akuntan Indonesia,
4)      Adanya kesamaan menggunakan produk tertentu
Contoh : Komunitas Yamaha Club,Komunitas Honda Tiger, dll

Komunitas Online merupakan komunitas yang mempunyai keunikan tersendiri, karena anggota didalam sebuah komunitas bisa secara bersama-sama melakukan suatu aksi tanpa harus berkumpul di suatu tempat. Namun jika rasanya tidak afdol jika tidak berkomunikasi secara bertatapan langsung, mereka memilih untuk bertemu. Nah, pertemuan mereka ini biasa dikenal dengan kopdar atau kopi darat.  Kopdar adalah suatu bentuk komunikasi nyata pelaku dunia maya dimana orang yang ikut kopdar itu bisa saling berkenalan secara pribadi atau sharing ilmu dan pengalaman.
Ada beberapa contoh dari kumunitas online, di antaranya Coin a Chance, Komunitas Indonesia Berkebun, Komunitas Blood for Life. Coin a Chance ini, mengajak masyarakat untu mengumpulkan koin yang kemudian disumbangkan untuk anak-anak Indonesia yang putus sekolah. Lalu, komunitas Indonesia Berkebun ini melakukan gerakan cinta alam dengan mengajak masyarakat menanam pohon dan menciptakan lahan hijau ditengah kota. Blood for Life, mengajak dan menyadarkan masyarakat untuk menyumbangkan darahnya demi kelangsungan hidup orang lain.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Komunitas
http://tekno.kompas.com/read/2011/12/09/18132723/Empat.Komunitas.Online.Akan.Berbagi.Pengalaman
http://yoszuaccalytt.blogdetik.com/2011/03/04/komunitas-online-peranannya-dalam-masyarakat/
http://nabilahtsabitah.blogspot.com/2012/10/komunitas-online.html
http://www.untukku.com/artikel-untukku/pengertian-komunitas-untukku.html
This entry was posted on 08.48 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: